skill digital marketing yang wajib dikuasai
admin 0 Comments

Skill Digital Marketing yang wajib dimiliki tahun 2024

Dalam dunia yang saat ini sudah serba digital dan banyak yang berkomunikasi secara online, tidak dapat dipungkiri bahwa memang hampir keseluruhan dari aspek kehidupan telah dipengaruhi dengan adanya kehidupan secara online sampai ke bagian yang terkecil sekalipun. Tentu saja pengaruh ini juga langsung berdampak pada berbagai jenis industri yang ada sehingga sampai muncul adanya digital marketing yang saat ini mulai banyak dicari jasanya oleh berbagai perusahaan, baik dalam level lokal maupun tahap internasional.

Maka dari itu, pada artikel satu ini akan diajak untuk membahas secara lebih singkat terkait dengan penggunaan marketing online marketing sebagai bentuk pengenalan dasar yang ada dahulu.

Mengenal Pengertian dari Digital Marketing

Pada umumnya, pembahasan mengenai pemasaran online itu sendiri akan langsung dihubungkan dengan programmer web developer yang ada, padahal pembahasan tersebut tidak hanya berhenti pada skill tersebut tetapi masih ada banyak hal lain yang perlu untuk dipahami dengan baik. Oleh karena itu, memang sudah seharusnya untuk memahami pengertian sebagai bentuk awal untuk mulai memperdalam dan tahu kemana arah pembahasan dari skill yang ada.

Pada dasarnya, dilihat sebagai sebuah kegiatan dengan tujuan untuk melakukan pemasaran produk, layanan, hingga merek yang dimiliki oleh perusahaan dengan memanfaatkan media seperti internet maupun hal digital.

Pembuatan atau pemanfaatan untuk digital marketing dalam pengertian ini biasanya akan lebih condong untuk pemanfaatan terhadap bisnis marketing online yang ada dengan beberapa platform mulai dari website, email, blog, sampai berbagai akun media sosial yang digunakan. Tujuannya sendiri yaitu untuk bisa mendorong atau meningkatkan kesadaran yang dimiliki oleh pelanggan sehingga bisa mencapai pasar yang lebih luas dan menerapkan berbagai cara atau metode yang dianggap relevan mampu menarik perhatian dari masyarakat itu sendiri.

Bisa dibilang bahwa digital marketing tidak hanya sekedar menjadi cara untuk menjual produk melalui unggahan online, tetapi juga membangun strategi supaya bisa membantu mencapai target bisnis yang diinginkan.

Daftar Skill Digital Marketing yang Penting untuk Dimiliki

Saat berbicara mengenai topik ini dan ingin untuk masuk ke dalam industri ini dengan lebih mendalam, tentunya sudah menjadi sebuah kewajiban untuk memahami sebenarnya apa itu digital skills yang harus dimiliki dan dikuasai dengan baik. Sama halnya dengan masuk ke bidang industri yang lainnya, skill ini berperan penting supaya tujuan dan fungsi yang dimiliki oleh digital marketing dapat dicapai dengan baik dan lebih maksimal pula.

Oleh karena itu, berikut ini merupakan daftar dari apa saja skill yang wajib dan penting dikuasai untuk belajar mengenai digital marketing dengan lebih dalam dan juga baik.

Optimisasi Mesin Pencari atau SEO

Hal pertama dari skill digital yang dibutuhkan yaitu ada optimisasi mesin pencari atau lebih dikenal secara luas dengan sebutan SEO yang membantu mengoptimalkan konten digital yang dimiliki. Teknik satu ini bisa membantu konten tersebut supaya mendapatkan peringkat yang cukup tinggi untuk masuk ke dalam hasil dari mesin pencarian saat memasukkan atau menggunakan kata kunci tertentu saat penggunanya ingin masuk ke dalam mesin tersebut.

Kemampuan satu ini bisa membantu untuk meningkatkan jumlah kuota dari lalu lintas akan mesin web itu sendiri yang ada sehingga bisa untuk membuat penjualan menjadi meningkat lebih pesat.

baca juga : Mengetahui Digital Career dan potensi di Indonesia

Mengembangkan Situs Web

Skill terbaik selanjutnya yang harus dikuasai dengan baik yaitu bisa dalam membantu untuk pengembangan dari situs web yang ada supaya situsnya dapat berjalan dan digunakan dengan fungsi yang maksimal. Skill yang satu ini penting dalam digital marketing juga karena membantu situs web tersebut supaya menarik sehingga merek dan perusahaan bisa berkomunikasi dengan cara yang lebih bagus dan mudah untuk diterima bagi para pelanggan atau masyarakat luas yang dijadikan sebagai target pasar itu sendiri.

Biasanya untuk skill yang satu ini akan membutuhkan beberapa jenis keahlian seperti misalnya dengan HTML, CSS maupun pengembangan perangkat lunak dan web.

Kemampuan Penelitian dan Hasil Analisis Data

Selanjutnya skill yang tidak kalah penting untuk dikuasai dengan baik dalam marketing online google yang ada yaitu melakukan penelitian hingga mampu untuk membuat analisis data yang didapatkan dengan cara yang menarik dan juga komprehensif. Keahlian satu ini dibutuhkan oleh seorang pekerja dalam bidang digital marketing karena nantinya perlu untuk melakukan evaluasi atas efektivitas dari kampanye yang dilakukan secara digital sehingga bisa membantu memperbaiki apa saja sebenarnya cara atau strategi pemasaran yang lebih tepat.

Hasil dari analisis data tersebut nantinya akan diperlukan supaya bisa mengumpulkan sekaligus memberikan penilaian atas data kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan.

Kemampuan Copywriting

Lainnya dari skill yang patut untuk dipahami dan dikuasai dengan baik yaitu keahlian untuk copywriting yang tidak dapat dipungkiri bahwa diperlukan dan memegang peran yang penting dalam perjalanan dari digital marketing itu sendiri. Kemampuan satu ini akan membantu untuk memproduksi atau membuat tulisan yang isi pesannya dapat disampaikan dengan lebih akurat dan menggunakan cara yang menarik perhatian pula dengan meminimalkan adanya kesalahan yang mungkin muncul.

Dalam melatih kemampuan untuk copywriting itu sendiri, perlu untuk memiliki pemikiran yang berbeda, kreatif, menguasai penggunaan SEO, hingga memiliki empati yang kuat dalam pemilihan penggunaan bahasa yang akan disampaikan.

Marketing dengan Media Sosial

Berbicara mengenai marketing online tidak bisa untuk terlepas dari pembahasan terkait dengan adanya penggunaan media sosial yang cukup luas dan membantu untuk mempermudah merek atau perusahaan untuk membangun komunikasi yang lebih baik dengan para pelanggannya. Pemasaran dengan cara yang satu ini nantinya mampu untuk membuat konten dengan menyesuaikan setiap platform media sosial yang ada terhadap target demografis yang dimiliki karena setiap media sosial memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Maka dari itu, pembuatan konten itu biasanya juga akan cukup beragam dengan penyampaian yang berbeda pula sehingga mampu untuk menarik perhatian dari pelanggan dan meningkatkan penjualan yang ada sebelumnya.

Pada penjelasan yang sudah diberikan di atas, tidak terkecuali pula dengan adanya B2B marketing digital, pasti sudah ada yang mulai untuk tertarik dan ingin memperdalam pemahaman maupun informasi terkait dengan pelaksanaannya itu sendiri bagi bisnis atau usaha yang saat ini tengah dijalani. Memang kebanyakan dari digital marketing sendiri pada umumnya lebih dimanfaatkan untuk membantu memasarkan usaha bisnis sehingga mencapai pada target pasar yang dimiliki atau bahkan juga untuk masyarakat secara lebih luas. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mulai belajar dan menambah skill pada bidang satu ini karena tidak hanya untuk perusahaan, tetapi juga dibutuhkan untuk berbagai tujuan menarik.

Leave a Comment

Open chat
1
Hello sahabat Widi 👋
Apakah ada yang bisa kami bantu?