Strategi untuk B2B Marketing Digital yang Efektif
B2B atau business to business adalah singkatan yang digunakan untuk merujuk pada transaksi baik produk dan layanan antara satu bisnis dengan bisnis lainnya. B2B sendiri adalah sebuah sistem yang cukup unik sehingga memerlukan strategi digital marketing yang baik. Berikut 5 strategi untuk B2B marketing digital yang efektif.
Website yang Mumpuni
Keberadaan website dalam kegiatan B2B layaknya katalog online yang akan bisa memengaruhi keputusan para pelanggan dalam melakukan kegiatan transaksi. Untuk itu, website yang digunakan dalam kegiatan B2B haruslah baik dan cepat untuk memastikan kepuasan pada pengunjung, juga bisa dilakukan evaluasi, tes dan optimalisasi.
Penting untuk melakukan beberapa hal dalam membangun website yang mumpuni. Hal pertama adalah menggunakan tools yang bisa melacak umpan balik para pengunjung website, memaksimalkan user experience, mereview tools terbaru, serta memanfaatkan tools analytic seperti Google analytics atau Funnels.
Riset yang Menyeluruh
Salah satu kelebihan dari B2B jika dibandingkan dengan B2C adalah target pasar yang jauh lebih mudah didefinisikan dan dioptimalkan. Maka dari itu, Anda perlu melakukan riset yang menyeluruh untuk mengetahui target pasar, apa yang mereka cari, apa minat mereka, perilaku ketika berbelanja, besaran uang yang dipakai ketika bertransaksi dan seterusnya.
Setelah riset dilakukan dengan baik, Anda sebagai pemilik perusahaan akan mampu membuat keputusan yang lebih fundamental untuk mengukur hasil pemasaran atas dasar yang objektif, serta membangun hubungan yang baik dengan para audiens Anda.
Content Marketing
Tujuan utama dari content marketing dalam B2B marketing digital adalah agar target audiens Anda bisa memahami layanan atau produk yang bisnis Anda tawarkan. Anda bisa melakukan ini dengan beberapa cara mulai dari menetapkan saluran primer dan sekunder, membuat blog pendukung, membuat studi kasus, serta menggunakan jasa digital marketing seperti iklan sampai influencer.
Email Marketing
Walaupun bukan sesuatu yang baru, namun email marketing dapat memberikan potensi keberhasilan yang lumayan tinggi. Email marketing dalam dunia digital marketing memungkinkan Anda untuk berkomunikasi secara langsung dengan para pengunjung website yang secara sukarela mendaftarkan alamat email mereka di website Anda.
SEO
Ketika berbicara tentang dunia digital marketing, SEO adalah salah satu aspek utama yang perlu diberi perhatian. SEO atau Search Engine Optimization adalah upaya menempatkan website bisnis Anda dalam posisi setinggi mungkin di mesin pencari.
Hal ini sangat penting karena di zaman internet dan informasi sekarang ini, para pengguna internet akan mengandalkan mesin pencari untuk mencari tahu tentang apa saja, termasuk ketika hendak membeli sebuah barang. Mereka akan mencari informasi yang perlu diketahui seperti kegunaan produk atau layanan, mengetahui harga sampai mencari tahu ulasan dari para pelanggan yang sudah mencoba.
Anda perlu tahu bahwa untuk mencapi hasil yang diinginkan, SEO memerlukan waktu yang cukup lama dan kesabaran yang ekstra. Namun ketika sudah berhasil dan website Anda sudah berada di urutan teratas di halaman pertama mesin pencari, SEO akan menjadi investasi jangka panjang dan media promosi yang efektif.
Itulah 5 strategi efektif dalam melakukan B2B marketing digital untuk bisnis Anda. Pastikan Anda meluangkan anggaran dan tenaga kerja yang cukup untuk melakukan kelima hal ini untuk memastikan bahwa bisnis online Anda akan dapat bersaing dengan baik dan mendapatkan banyak pelanggan.
A WordPress Commenter
Hi, this is a comment.
To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
Commenter avatars come from Gravatar.