marketing online
admin 0 Comments

Tips Melakukan Marketing Online Google Bagi Pemula, Penasaran?

Digital marketing menjadi trend terkini yang banyak dilakukan oleh perusahaan untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Didukung dengan teknologi yang semakin berkembang dan canggih mampu meningkatkan performa pemasaran.

Terdapat berbagai kanal digital marketing yang bisa anda gunakan diantaranya sosial media, media hiburan, hingga mesin pencarian. Setiap kanal digital yang digunakan memiliki kelebihan masing-masing yang bisa mendukung pemasaran. Oleh karena itu, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih kanal digital marketing.

Salah satu media yang bisa digunakan yaitu mesin pencarian seperti google. Meningkatnya pengguna mesin pencarian untuk mencari informasi dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memberikan penawaran produk yang mereka punya. Tentu bukan hal yang salah.

Namun, tingginya persaingan mengharuskan Anda untuk memiliki strategi khusus agar bisa bersaing dengan kompetitor serupa. Lalu bagaimana tips melakukan marketing online google bagi pemula? Anda bisa memperhatikan penjelasan berikut ini degnan baik:

1. Mempelajari Ilmu Dasar Digital Marketing

Mempelajari ilmu dasar digital marketing sangat berguna untuk membantu proses pemasaran produk yang dilakukan. Ilmu yang didapatkan bisa membuat Anda paham mengenai strategi, media digital yang digunakan, dan menganalisis performa pemasaran yang dilakukan.

Hal pertama yang perlu Anda pahami ketika melakukan digital marketing yaitu mengenai teknik SEO atau Search Engine Optimization. Teknik ini akrab digunakan pada proses pemasaran di mesin pencarian. Teknik ini lebih fokus pada pemaksimalan kata kunci, backlink, struktur situs, dan faktor lainnya.

Selain itu, Anda juga harus memahami teknik SEM atau Search Engine Marketing. Teknik ini diartikan sebagai iklan berbayar yang dilakukan pada mesin pencarian seperti halnya google. Anda bisa menggunakan berbagai tools untuk mendukung teknik SEM seperti Google Ads dan Bing Ads.

2. Mengenali Segmentasi Pasar Yang Ditargetkan

Sebagai pengusaha Anda harus bisa menentukan segmentasi pasar yang akan dibidik atau menjadi konsumen dari produk anda. Dengan mengetahui segmentasi pasar Anda akan lebih mudah dalam membangun strategi marketing online google lebih efektif.

Untuk menetapkan segmentasi pasar, Anda bisa mengelompokkannya berdasarkan usia, gender, lokasi, karakteristik, geografis, dan lainnya. Selain itu, Anda juga perlu memahami perilaku online atau preferensi yang dilakukan oleh konsumen yang Anda incar.

3. Tingkatkan Kualitas Konten Yang Diunggah

Konten menjadi media perantara yang menyampaikan pesan kepada konsumen secara langsung. Untuk itu penting bagi Anda untuk meningkatkan kualitas konten yang Anda unggah guna meningkatkan pemahaman konsumen mengenai promosi yang dilakukan.

Membuat konten yang berkualitas tidak hanya dilihat dari kerapian dan strukturnya saja, melainkan topik yang diangkat harus bisa menyesuaikan dengan minat dan kebutuhan konsumen. Pastikan juga konten Anda menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan memperhatikan teknik SEO agar google mudah mengindex konten yang dibuat.

4. Melakukan Analisis Dan Optimalisasi Digital Marketing

Setelah melakukan digital marketing di mesin pencarian, selanjutnya yaitu melakukan analisis dan optimalisasi pemasaran yang dilakukan. Tidak hanya dari kualitas konten yang dibuat juga strategi marketing yang digunakan.

Anda bisa melakukan analisis dengan menggunakan tools yang telah tersedia baik secara gratis maupun berbayar, misalnya saja menggunakan google analytics. Dengan menggunakan alat analisis Anda bisa mengetahui seberapa efektif konten marketing yang dibuat.

Demikian pembahasan mengenai tips marketing online google bagi pemula. Terapkan tips di atas untuk mendukung proses marketing yang anda lakukan. Pertimbangkan setiap langkah yang diambil agar lebih efektif dan maksimal. 

Leave a Comment

Open chat
1
Hello sahabat Widi 👋
Apakah ada yang bisa kami bantu?